Home Report BPS NTT Sosialisasikan Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Tahun Dasar 2018

BPS NTT Sosialisasikan Pemutakhiran Diagram Timbang Indeks Harga Tahun Dasar 2018

0
SHARE
Suasana kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Indeks Harga Tahun Dasar 2018 yakni yang mencakup Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP), yang bertempat di Aula Kantor BPS Provinsi NTT, Kamis (30/01/2020).

REPORT INDONESIA. KUPANG. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Indeks Harga Tahun Dasar 2018 yakni yang mencakup Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP), yang bertempat di Aula Kantor BPS Provinsi NTT, Kamis (30/01/2020).

Pada kegiatan sosialisasi ini turut pula dihadiri sejumlah perwakilan dari insantansi terkait dan juga Wartawan baik dari Media Online, Cetak dan Elektronik.

Dalam sambutannya yang juga sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Indeks Harga Tahun Dasar 2018, Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si, M.Si, mengatakan data strategis yang dihasilkan BPS NTT antara lain adalah Indeks Harga yang meliputi Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP).

“Untuk menjaga kualitas data, BPS secara rutin memutakhirkan tahun dasar, paket komoditas, dan diagram timbang untuk setiap Indeks Harga,” ujarnya.

Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si, M.Si, saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Diagram Indeks Harga Tahun Dasar 2018

Darwis Sitorus menambahkan angka inflasi yang dirilis setiap awal bulan dihitung berdasarkan Perubahan Indeks Harga Konsumen (IHK). Dalam proses pemutakhiran tahun dasarnya dilaksanakan Survei Biaya Hidup (SBH) pada tahun 2018 yang lalu. Sehingga penyajian IHK tahun 2020 sudah menggunakan tahun dasar 2018=100.

“Kegunaan IHK adalah sebagai indeksasi upah/gaji, indikator moneter/perkembangan nilai uang, asumsi APBN,  dan juga sebagai salah satu indikator bagi pemerintah untuk melihat pertumbuhan ekonomi,” tandasnya.

Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si, M.Si, foto bersama dengan staff BPS Provinsi NTT dan sejumlah perwakilan dari instansi terkait

Nilai Tukar Petani (NTP) menunjukan daya tukar dari nilai produk pertanian yang dihasilkan terhadap biaya produksi dan barang/jasa yang dikonsumsi. NTP diperoleh dari perbandingan antara Indeks Harga yang Diterima Petani (It) terhadap Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) dikalikan angka 100, jelas Darwis.

Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si, M.Si, foto bersama dengan staff BPS Provinsi NTT dan sejumlah perwakilan dari instansi terkait

Cakupannya yakni NTP Tanaman Pangan, Hortikultura, Tanaman Perkebenunan Rakyat, Peternakan dan Perikanan. Pemutakhiran tahun dasar NTP dilakukan melalui Survei Penyempurnaan Diagram Timbang (SPDT-NTP) tahun 2017 dan dimutakhirkan pada tahun 2018, pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here