Home Parle Masyarakat Antusias Ikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Denty Eka Widi Pratiwi

Masyarakat Antusias Ikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Denty Eka Widi Pratiwi

29
0
SHARE

REPORT INDONESIA. JAWA TENGAH. Sebanyak 150 orang peserta yang terdiri dari Ibu-ibu PKK, Kader KB dan Masyarakat Temanggung Provinsi Jawa Tengah sangat berantusias mengikuti kegiatan Sosialisasi 4 pilar Kebangsaan yang dibawakan oleh Anggota DPD/MPR RI Periode 2014-2019, Denty Eka Widi Pratiwi, SE., MH yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Tretep Jawa Tengah, Rabu (20/03/2019).

Denty Eka Widi Pratiwi, SE., MH pada kesempatan ini mengatakan Sosialisai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika perlu terus dilaksanakan agar masyarakat mampu memahami komponen yang terkandung dalam empat dasar berbangsa dan bernegara.

Empat pilar kebangsaan yaitu empat tiang penyangga dalam suatu negara, dimana tiang-tiang penyangga tersebut saling berhubungan satu sama lain. Sehingga negara tersebut dapat berdiri dengan sangat kokohnya. Berdiri kokohnya NKRI pada akhirnya berpulang pada apakah kita masih menggunakan empat pilar kebangsaan. Jika salah satu fondasi pilar kebangsaan itu tidak dijadikan pegangan, karakter bangsa yang dicita-citakan sekedar wacana dan angan-angan belaka. Maka akan goyahlah Negara Indonesia disebabkan oleh hal tersebut, lanjut Anggota DPD/MPR RI dari Provinsi Jawa Tengah ini.

Saat sesi dialog berlangsung dan ada seorang penanya yang menanyakan Mengapa pelayanan kesehatan di desa tidak sebaik di kota besar? bukankah hal ini tidak sesuai dengan sila ke lima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, Denty Eka menjawab ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Faktor utama yaitu tenaga kesehatan yang kurang memadai di pedesaan. Banyak tenaga kesehatan pindah ke kota karena populasi di kota lebih besar. Faktor kedua yaitu alat kesehatan. Alat kesehatan yang terbatas membuat tidak maksimalnya. Saya yakin apabila Pemerintah membiayai dan menangani masalah ini dengan serius maka akan menjadi jalan keluar dari masalah yang telah sekian lama dialami masyarakat Indonesia, jelas Denty.

Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi 4 (empat) pilar oleh Anggota MPR RI diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, pungkasnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini menghasilkan sejumlah masukan dan saran diantaranya yaitu perlunya perbaikan akses kesehatan untuk masyarakat di pedesaan yang tidak terjangkau oleh pelayanan kesehatan dan masih kurangnya sarana dan prasarana penunjang kesehatan dilingkungan keluarga seperti jamban sehat.

Selain itu masukan dan saran lainnya yakni Masyarakat harus bersikap aktif terhadap program pemerintah dan terus memajukan program kerja pemerintah agar bangsa ini menjadi bangsa yang besar akibat kerjasama dari semua pihak, serta ada pula sejumlah masukan dan saran lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here